Pages

Senin, 16 November 2015

ROAD TO PANTAI PAPUMA JEMBER



Januari 15, ada yang ulang tahun nih :D . Buat ngasih kejutan ke istindut, aku ngasih kado jalan jalan ke PAPUMA jember. Berbekal mobil sewaan, Sekitar pukul 11 malam aku sudah berada di depan kos dia.  Malam itu langsung berangkat ke sempu. Perjalanan cukup jauh, dan karena malam - malam jadi agak ngantuk juga. Seringkali kami berhenti untuk sejenak tidur. Karena mobil yang disewa hanya sehari jadi harus buru buru sampek jembernya. 


 
Pantai Papuma merupakan salah satu pantai eksotik yang ada di Jawa Timur. Pantai berada di Desa Lojejer kecamatan Wuluhan kabupaten Jember. Pantai ini berada kurang lebih 30 Km dari pusat kota Jember. Jadi paling tidak memerlukan perjalanan lagi selama 1 jam dari daerah Jember kota.
Tepat sekitar pukul 8 lebih kami sampai di pantai papuma. 


Perlu anda ketahui bahwa medan yang ditempuh ketika anda pergi ke pantai Papuma Jember agak curam, jadi yang perlu anda persiapkan adalah mobil / jeep yang sehat, sehat disini dalam artian bahwa mobil anda tidak bermasalah ketika dipakai untuk tanjakan. Namun jangan khawatir itupun hanya berjarak 300 meter saja tidak lebih. Selanjutnya kerja keras dan ketegangan anda di perjalanan akan terbayarkan saat sampai ditempat tujuan.

Dan informasi penting juga bahwa untuk berkunjung ke pantai Papuma Jember anda tidak bisa menggunakan bis besar karena jalan yang berkelok-kelok dan juga curam dengan tingkat kecuraman berkisar antara 45'-50'. Namun bagi anda yang sudah terlanjur panitia dan pengelola sudah menyiapkan kendaraan untuk mengantar anda ke pantai Papuma Jember yaitu ojek dengan harga berkisar IDR12.500 per kepala (tidak termasuk harga karcis masuk)



Air di pantai ini sangat bersih dan berwarna biru. Di pantai ini kita bisa melakukan banyak hal. Selain basah-basahan, kita juga bisa berjalan menuju batu-batu karang yang ada disana untuk sekedar berfoto ria. Di sekitar pantai Papuma terdapat sebuah bukit yang bisa kita daki untuk menikmati pemandangan pantai dan laut lepas. Pemandangan pantai Papuma dari bukit ini keren banget


Matahari sudah bersinar sangat terik, sehingga menghilangkan niat kami untuk main air. Apalagi saat itu ombak sedang deras.
Selain pemandangan lautnya yang sangat menakjubkan, di pantai papuma juga terdapat beberapa tempat menarik lainnya yang dapat para wisatawan kunjungi. Siti hinggil merupakan salah satu daratan tinggi yang ada di pantai papuma dengan ketinggian sekitar kurang lebih 100 meter diatas permukaan laut. Dari atas tempat ini para pengunjung dapat menikmati pemandangan laut papuma dengan lebih luas dan merupakan tempat yang cocok untuk menikmati pemandangan sunset di pantai papuma.


Saat berada di pantai papuma, para wisatawan akan dimanjakan dengan panorama pantai yang berwarna biru kehijauan dan juga hamparan pasir putih juga pulau-pulau kecil disekitarnya. Di pantai ini juga terdapat kawasan hutan hijau yang semakin membuat pantai papuma semakin menakjubkan dan wajib dikunjungi para wisatawan yang pergi ke jawa timur. 

Ciri khusus pantai-pantai selatan Jawa adalah gelombangnya yang tinggi dengan deburan ombak yang keras menghantam bebatuan, tebing-tebing curam, dan pulau-pulau kecil yang ada di sekitar pantai. Tentu saja amat berbahaya jika pengunjung tidak hati-hati bermain di sana. Maka dari itu rambu-rambu atau petunjuk tanda larangan mandi di sekitar pantai banyak terdapat di sana.

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/aremangadas/pantai-tanjung-papuma-jember-yang-unik_552943bc6ea834412c8b458c
Ciri khusus pantai-pantai selatan Jawa adalah gelombangnya yang tinggi dengan deburan ombak yang keras menghantam bebatuan, tebing-tebing curam, dan pulau-pulau kecil yang ada di sekitar pantai. Tentu saja amat berbahaya jika pengunjung tidak hati-hati bermain di sana. Maka dari itu rambu-rambu atau petunjuk tanda larangan mandi di sekitar pantai banyak terdapat di sana.

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/aremangadas/pantai-tanjung-papuma-jember-yang-unik_552943bc6ea834412c8b458c
Ciri khusus pantai-pantai selatan Jawa adalah gelombangnya yang tinggi dengan deburan ombak yang keras menghantam bebatuan, tebing-tebing curam, dan pulau-pulau kecil yang ada di sekitar pantai. Tentu saja amat berbahaya jika pengunjung tidak hati-hati bermain di sana. Maka dari itu rambu-rambu atau petunjuk tanda larangan mandi di sekitar pantai banyak terdapat di sana.

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/aremangadas/pantai-tanjung-papuma-jember-yang-unik_552943bc6ea834412c8b458c
Ciri khusus pantai-pantai selatan Jawa adalah gelombangnya yang tinggi dengan deburan ombak yang keras menghantam bebatuan, tebing-tebing curam, dan pulau-pulau kecil yang ada di sekitar pantai. Tentu saja amat berbahaya jika pengunjung tidak hati-hati bermain di sana. Maka dari itu rambu-rambu atau petunjuk tanda larangan mandi di sekitar pantai banyak terdapat di sana.

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/aremangadas/pantai-tanjung-papuma-jember-yang-unik_552943bc6ea834412c8b458c
Ciri khusus pantai-pantai selatan Jawa adalah gelombangnya yang tinggi dengan deburan ombak yang keras menghantam bebatuan, tebing-tebing curam, dan pulau-pulau kecil yang ada di sekitar pantai. Tentu saja amat berbahaya jika pengunjung tidak hati-hati bermain di sana. Maka dari itu rambu-rambu atau petunjuk tanda larangan mandi di sekitar pantai banyak terdapat di sana.

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/aremangadas/pantai-tanjung-papuma-jember-yang-unik_552943bc6ea834412c8b458c

Yah sekali lagi masih sangat disayangkan adanya banyak tumpukan kotoran disisi pantai. Padahal pantainya indah tapi masih ada spot yang tak terawat oleh ulah orang orang yang GAK PEDULI TERHADAP LINGKUNGAN MEEEEEN.


Walaupun gak ngado barang, tapi ngado perjalanan aja deh. Bisa jadi kenangan yang indah :) . hehehe.
Ingin meregangkan otot dan menyegarkan pikiran setelah ditelan rutinitas pekerjaan yang membosankan, Tanjung Papuma salah satu tempat yang tepat untuk dipilih.

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/aremangadas/pantai-tanjung-papuma-jember-yang-unik_552943bc6ea834412c8b458c