Pages

Kamis, 13 Oktober 2016

SUSAHNYA MENCARI KERJA BAGI SEORANG ENGINEER BUTA WARNA PARSIAL

       
                  Helloo............ di postingan bulan oktober 2016 ini aku akan bercerita tentang kerja ku yang kedua. Oya sebelum memulai ke topik cerita, aku ingin sedikit berbagi hal tentang diriku. Mungkin anda mengira bahwa saya tidak selues seperti saat bercerita di blog. Saya di kehidupan nyata adalah tipe orang yang sedikit introvert tapi bukan berarti saya adalah orang yang sombong. But if you have a deep friendship with me, I am sure that you will know my type change be extrovert and can be fun.



Let,s back to the topic. Jadiiiii..... setelah beberapa hari saya kerja di PT ECCO TANNERY INDONESIA saya memutuskan untuk resign. Alasan saya resign adalah karena saya tidak yakin apa yang saya pelajari di kuliah berguna bagi perusahaan tersebut. Dan fisiku tidak terlalau kuat untuk berkontribusi di perusahaan tersebut untuk posisi tersebut. hehe kata - kata yang sedikit ambigu, tetapi biar aku aja deh yang tahu alasan resign tersebut.  Setelah resign sebulan saya cari kerja lagi dan lagi. Berawal daftar kerja dari web jobstreet ada lowongan dari PT ATLAS COPCO INDONESIA. Aku pun mencoba mendaftar, eh eh alhamdulillah beberapa hari kemudian aku dipanggil untuk interview. Perusahaan ini berada di rungkut industri, sesuai dengan apa yang kumau. Karena aku cuma cari kerja di jawa timur aja. apalagi kalo dapat kerja yang deket kosku, alhamdulillah banget.

Tes buat calon pekerja di PT ATLAS COPCO INDONESIA terdiri dari 3 step. Step pertama adalah interview. Saat itu saya dipanggil interview di kantor pada pukul 10. Saya berangkat dari kos 9.30, perjalanan dari kos butuh waktu sekitar 15 menit an lah. Sampai di tempat saya ijin satpam, dan disuruh masuk. Setelah masuk kantor, diberi sebuah lembaran biodata yang diharuskan untuk diisi. Lalu saya pun dipanggil untuk masuk ruangan interview.

Wah ternyata sudah ada 3 orang yang berada di ruangan yaitu, 1 orang STAFF HRD, 1 orang HRD MANAGER, 1 orang USER ENGINEER. Saya disuruh perkenalan menggunakan bahasa inggris, dan untungnya saya bisa. Setelah itu pertanyaan campuran ada yang menggunakan bahasa inggris dan ada juga bahasa indonesia. Beberapa hal yang ditanyakan menyangkut pekerjaan, loyalitas, kejujuran dan lain lain.

Tes pertama akupun lolos, lalu lanjut ke tes yang kedua psikotes. Psikotes berbeda dengan perusahaan lain. Tess psikotes secara online, dengan server dari luar negri. Karena memang PT ATLAS COPCO adlah perusahaan asal swedia yang mepunyai beberapa cabang di indonesia. Tes psikotes di internet dibatasi oleh waktu yang cepat.

Tes Ketiga adalah medical check up. Saya harus melakukan tes kesehatan di parahita. Dan tes di parahita ini terbilang cukup lengkap yaitu tes urin, darah, jantung, rongten, dan tes fisik. Biasanya saya masih bisa ngelabui dokter untuk tes buta warna hehehhe , tapi disini gak bisa soalnya bukunya dibolak balik secara acak, jadi semua hapalanku percuma hiks hiks hiks. Dan aku pun gagal hanya karena buta warna.



Selang beberapa hari aku mendapat panggilan di PT Roman mojokerto dan lagi lagi aku gagal di tes kesehatan karena buta warna. Karena buta warna parsial dianggap mempunyai kekurangan ketika bekerja maintenance sebuah mesin. Tak hanya itu perusahaan seperti indonesia power, PLN, mencatumkan buta warna di persyaratanya. Walaupun aku lolos proses administrasi tapi ya apalah mungkin percuma jika ikut tes karena adanya buta warna, jadi aku menyerah sebelum perang.


Aku pun sempat down, menyerah. Aku pulang ke tuban, dan dirumah aku hanya menyendiri di kamar. Ibuku yang melihatku tertekan, menghampiriku dan memeluku, "jangan putus asa" itulah kata kata yang beliau ucapkan. Dan orang tuaku lah yang menghiburku bahwa pasti ada jalan, jangan menyerah dulu. Aku hanya butuh waktu istirahat karena sudah lelah dengan tolakan perusahaan. Tiga hari dirumah sudah cukup untuk mengembalikan semangatku lagi. Aku pun kembali ke surabaya untuk kembali mengadu nasib.


Penderita buta warna kebanyakan akan bingung melihat warna2 muda yang identik dengan merah dan hijau, selain kedua warna tersebut ga ada masalah sama sekali.

Ok, saya setuju dengan beberapa bidang yang memang anti terhadap orang buta warna, seperti bidang kimia, elektro mesin, pilot, design graphic, dan lain sebagainya. Tapi menurut ane, masalah seperti ini bisa diatasi, kalo emang otak encer ngapain ngeributin masalah buta warna? Bukankah cacat mata yang satu ini sama aja dengan kelainan lensa mata yang mengharuskan kita menggunakan lensa bantu (baca: kacamata). Rasanya ga adil memang, karena sampai sekarang belum ada alat sesederhana kacamata minus / plus untuk penderita buta warna.



Jika aku bisa aku ingin protes sama orang2 yang selama ini beranggapan buta warna adalah aib manusia, sampe2 syarat tidak buta warna ditulis dengan sangat lugas dan tegas pada beberapa lowongan pekerjaan walaupun sebenarnya pekerjaan yang dilakukan didalamnya sebenarnya tidak terlalu banyak berhubungan dengan warna-warna. 


Orang yang mengalami buta warna tidak lantas memiliki masa depan yang buruk.
Buta warna parsial jangan menjadi penghalang untuk berprestasi dan terus berusaha.
Namun hal tersebut jangan dijadikan alasan untuk menyerah, karena tuhan menciptakan manuia dengan segala kekurangan dan kelebihan.



Beberapa hari setelah itu aku mendapat panggilan di sebuah perusahaan PT KUSUMA TEKNIK PERSADA. Sebuah perusahaan jakarta yang mempunyai cabang di surabaya. Tetapi untuk di surabaya perusahaan ini masih berkembang. Karena masih berkembang dan memang sedang butuh pegawai, akupun langsung di interview oleh user perusahaan tersebut. Dan juga diberi tes tulis tentang perhitungan dan seluk beluk pompa.
                Alhamdulillah lancar dan setelah seminggu aku mendapat panggilan lagi untuk offering gaji. Wah tanpa tes kesehatan, beruntung sekali aku. Tapi gak ada beruntung sih, mungkin ini karena doa ibuku juga. Dan alhamdulillah masih bisa bekerja sesuai dengan bidang saya teknik mesin. Ya begitulah ceritanya................... dan sekarang aku bekerja di perusahaan ini.

PT KUSUMA TEKNIK PERSADA

Since the beginning, Kusuma Teknik has been specializing to be a trusted supplier for various industries. The below lists contain just some of the customers that we have been supplying until now. The continuous relationships shown in these lists are the real evidence of our commitment in providing quality products and services to our clients :
  • Cement Industries
    • PT. Semen Gresik (Persero), Tbk
    • PT. Indocement Tunggal Prakarsa, Tbk
    • PT. Semen Padang, Tbk
    • PT. Semen Bosowa
  • Food, Beverage and Pharmaceuitcal Industries
    • PT. NestlĂ© Indonesia
    • PT. Indofood Sukses Makmur
    • PT. Unilever Indonesia
    • Wings Group
  • Marine Industries
    • PT. Dok dan Perkapalan Surabaya (Persero)
    • PT. PAL
  • Petrochemical & Power Generation
    • Indokemika Group
    • PT. Petrokimia Gresik (Persero)
    • PT. Pembangkitan Jawa Bali
    • PT. YTL Jawa Timur
  • Pulp & Paper Industries
    • PT. Sopanusa Tissue & Packaging
    • PT. Star Paper Supply
  • Sugar Industries
    • PT. Industri Gula Nusantara
    • PT. Perkebunan Nusantara XI
    • PT. PG Rajawali
    • PT. Kebon Agung

Gaji disini standart kug, Tapi saya sudah bersyukur ama rejeki yang udah diberi ALLAH. . Beberapa perusahaan seperti di PT SEMEN INDONESIA, UNILEVER dll memesan produk di PT KUSUMA TEKNIK PERSADA dan salah satu tugas saya adalah memastikan produk tersebut terinstalasi, serta maintenance peralatan, dan service ketika ada kerusakan.



Alhamdulillah satu step sudah terlewati. Tapi tidak sampai disini aku akan berhenti berusaha. Masih ada mimpi yang harus kugapai. Dan untuk menggapai mimpiku aku gak bole puas dengan melewati satu step ini. bukan berarti gak bersyukur, tapi aku harus bisa menghasilkan lagi untuk menggapai mimpi itu.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar