Pages

Jumat, 11 November 2016

After Sales Engineering PT Kusuma Teknik, supplier pump, blower, compresor for industrial

             
               Yaph seperti judulnya, itulah jabatanku di perusahaan tempat aku bekerja. Ini adalah pengalaman pertamaku menjadi seorang After sales engineer. Walaupun dulunya aku gak pernah berharap untuk berkecipung di dunia sales. Ternyata menjadi after sales engineer tidak sejelek seperti yang aku bayangkan. Banyak sekali ilmu dan pengalaman yang kudapat di perusahaan ini. Mulai dari ilmu service overhoul, ilmu sales, ilmu inspeksi dan comissioning, dan masih banyak lagi.
              Yaph mungkin disini ada yang belum tau beda sales engineeer dan After sales engineer. Salah satu tugas seorang adalah menjual alat industri ke sebuah perusahaan. Nah sedangkan After sales engineer adalah pelayanan yang diberikan oleh perusahaan setelah konsumen melakukan pembelian produk, seperti kebutuhan spare part, inspeksi, comisioning, service, trouble shoting. Sebagai after sales engineer kita harus benar benar paham kinerja alat tersebut. Karena after sales engineer lah yang akan dipanggil pertama kali oleh costumer saat terjadi kerusakan pada alat industri tersebut, karena masih satu divisi ama service. Berikut adalah beberapa jobdesk dari pekerjaanku :



1. inspeksi adalah pemeriksaan visual dan pemeriksaan manual dalam rangka untuk menentukan kondisi mesin dan komponennya. Sebuah sistem inspeksi ini dirancang untuk mempertahankan komponen-komponen mesin, alat-alat dalam kondisi terbaik. Untuk mencapai hal ini, pemeriksaan rinci dan berulang harus dilakukan dengan program pemeliharaan yang baik. Gambar disamping ini adalah saat saya inspeksi di Pabrik Gula Kebon Agung Malang. Dimana disana telah terpasang submersible pump dari perusahaan kami. Kalo gambar di samping kanan ini saat aku inspeksi di PTPN Gempol Krep. Disana telah terpasang Blower aerzen milik perusahaan kami. 


 2. Commissioning adalah serangkaian kegiatan pemeriksaan dan pengujian instalasi peralatan yang terpasang pada proyek yang dibuat, yang telah selesai dikerjakan dan hendak dioperasikan. Dengan hasil pemeriksaan dan pengujian yang baik maka diyakini bahwa sistem proyek tersebut aman. Jadi intinnya after sales sebagai supervisor saat alat itu dipasang oleh maintenance dari pabrik tersebut. Gambar di samping kiri itu saat aku comisioning pompa AODD atau diafragma pump. Pompa ini sering dipakai di beberapa perusahaan yang emang bahaya ledakan cukup tinggi, seperti bahan kimia. 


 3. Belajar Overhaul. Karena sebagai seorang sales engineer kita dituntut untuk menangani trobleshoting awal yang terjadi pada costumer maka kita harus paham kinerja dari alat industri tersebut. Poto disamping ini adalah saat aku belajar overhaul blower merk aerzen. Tidak mudah seperti bongkar motor seeperti yang kulakukan saat kuliah. Untuk overhaul mesin seperti blower merk aerzen ini dia mempunyai clearance sangat kecil di rotor nya yang berukuran micron. Jadi apabila salah setting dikit aja bisa pengaruh ke kinerja rotor nya yang berakibat ke life time blower. Test kelurusan, balancing, clearance adalah hal wajib yang harus dilakukan saat overhaul. Dan karena kita adalah agen resmi dari aerzen maka untuk overhaul tidak boleh asala menggunakan alat. Ada tool khusus untuk melakukan overhaul tersebut.



3. After Sales Engineer. Karena jabatan kita after sales maka jangan lupakan untuk mencari kebutuhan spare part. Dimeja itu ditemani dengan laptop, dan telfon dari kantor, kita harus mengerjakan penawaran - penawaran untuk selanjutnya dikirim ke beberapa perusahaan yang memiliki kebutuhan spare parts. Bagaimana cara berbicara kita sangat dibutuhkan dalam hal ini. Jujur aku mulai hal ini dari nol. Karena aku sebenarnya kurang suka untuk hal ini. Tapi tidak ada hal yang tidak bisa dipelajari. Maka tinggal bagaimana cara kita untuk dapat beradaptasi dengan lingkungan agar dapat survive.





PT Kusuma Teknik Persada adalah perusahaan distributor resmi adari beberapa merk ternama seperti AERZEN, ELGI, SAER, SULZER Berikut adalah produk yang kami suplay ke beberapa industri :

Aerzen adalah produk asli buatan jerman. Dan untuk di indonesia hanya kusuma teknik sebagai authorized distributor aerzen. 

ELGI adalah produk india, tetapi karena manufaktur dan perkembanganya yang bagus dia berhasil mengakusisi perusahaan di francis dan italia. Dan sudah terbukti kualitasnya

Yap itulah beberapa jobdesk dari pekerjaanku. Bisa dibilang kerja sebagai after sales engineer cukup menarik. Karena kita bisa sering jalan - jalan naik mobil hehehe. Tidak hanya itu, pekerjaan pun cenderung asik dan tidak monoton. Dan yang penting sabtu, minggu libuuuur, jaadi masih ada waktu untuk keluarga dan teman. Soalnya kebanyakan kalo kita bekerja di industri produksi pasti hari sabtu masih masuk walaupun setengah hari. Tapi tetep namanya jadi pegawai ya gitu, kita harus nurut apa kata perusahaan. Yah semoga suatu hari nanti aku bisa jadi wirausahawan seperti cita cita ku.

Yah sekian dulu cerita pengalaman kerjaku ini. bye byeeeeeeee


Tidak ada komentar:

Posting Komentar