Pages

Sabtu, 30 Juli 2016

BEKERJA DI PERUSAHAAN BELANDA (PT ECCO TANNERY INDONESIA)

          

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa apa yang pada diri mereka,” (Ar Raad : 11).  

                  Berbekal sebuah prinsip itulah aku mencari kerja kesana kemari tanpa putus asa. Aku adalah seorang freshgraduate dari teknik Mesin ITS. Untuk sebuah permulaan kerja, aku tidak mematok gaji yang terlampau tinggi. Yang penting bisa bekerja di Jawa Timur, sukur sukur dapet di sekitar surabaya.

               Memang lulusan Teknik Mesin ITS banyak dicari, jadi kalian yang lulusan mesin ITS harus pede. Tapi walaupun dicari, kita tetap harus membuktikanya dengan berbagai macam tes yang sudah dipersiapkan perusahaan. Nah di tes itulah aku sering gagal.    Berbekal pengalaman tes yang semakin sering, aku jadi semakin paham.  Beberapa perusahaan yang bisa dibilang cukup besar, aku daftarin. Beberapa dari perusahaan itu adalah Gudang Garam, PT Lautan Natural, PT Yamaha elektronik, PT Softex dan PT ECCO Indonesia.

              Tes Gudang Garam, jujur cukup susah tes di perusahaan ini, karena selain psikotes dan tes akademik, kita juga akan di tes kemampuan tentang mechanical mesin seperti elemen mesin, perhitungan RPM, perhitungan gaya suatu beban, metalurgi dan lain - lain. Karena aku tidak mengira akan ada tes mechanical dan aku sudah lupa jadi aku sudah putus asa. Saat interview HRD seolah menganggap rendah aku, padahal belum tentu dia lebih baik dari aku. Aku pun saat interview sudah tidak tertarik lagi, dan aku jawab seadanya. Karena baru kali ini aku bertemu HRD yang belum mengetahui seluk beluk ku tetapi sudah terkesan meremehkanku. Ya dibuat pengalaman saja......

                   Oke selanjutnya PT Lautan Natural Krimerindo, Adalah sebuah perusahaan produksi cream yang terletak di pacet mojokerto. Pagi pagi sekali aku berangkat dari kos, habis sahur (saat bulan puasa). Sampai disana sekitar pukul delapan pagi. Lokasi pabrik ini cukup enak, karena terletak di jalan pacet yang terbilang udara nya masih cukup segar. Saat akan masuk aku ijin dengan satpam yang menjaga dengan keperluan tes kerja. Lalu seperti biasa HRD memberi beberapa tes yaitu tes hitung deret arimatika, tes kepribadian, tes gambar, tes IQ, Tes analisa ruang gambar. Ya cukup banyak tes nya. Lalu setelah selesai dilanjut ke interview HRD. Saat itu hanya 4 orang yang menjalani tes dan interview. Setelah selesai interview , tibalah giliran saya interview HRD. Hanya beberapa menit HRD merasa tertarik dengan saya dan bilang akan langsung menemukan dengan user. Jadi saat itu hanya saya yang lolos. Saya pun langsung bertemu dengan user tetapi memang belum rejekinya. User tersebut lebih tertarik dengan anak yang konsentrasinya di konversi energi bukan manufaktur seperti ku. Yaaaah gagal maning deh :(

                   
                 But I never give up, selanjutnya PT Yamaha Electronics, terletak di pasuruan. Perusahaan ini adalah perusahaan asing, dimana perusahaan utamanaya adalah di Jepang.  Aku berangkat dari surabaya pukul 5 pagi lho. saat itu masih bulan puasa juga.  Sampai di pasuruan pukul 8. Di perusahaan ini kita akan disuguhi beberapa tes. Dengan tawaran jabatan sebagai staff produksi. Saat itu aku dan beberapa anak lain yang ikut tes disuruh memasuki ruangan aula. Tes pertama tes PAPI kepribadian, dan juga tes kepribadian watak. Setelah kedua tes tersebut selanjutnya adalah sesi interview. Kita akan memasuki ruangan dimana ada 3 orang, yaitu hrd, manager hrd, dan user. Kita akan di interview menggunakan bahasa inggris. Alhamdulillah aku bisa menjawab semua pertanyaan dengan pujian dari HRD katanya b.inggrisku lumayan bagus hehehe. Dan selesai semua tes tersebut akupun pulang. Janjinya sih cuma 2 minggu pengumumanya. Tetapi sebulan baru dikasih tahu kalo lolos. Padahal aku udah ketrima kerja di PT ECCO. ya sudah lah...... bye byee perusahaan yamaha...



             Next PT Softex hehehe. duh softex. tapi jangan salah aku daftaR bagian leader operator produksi. yoooo yoooooo lalalalala lilililililili bla bla bla bli bli.......... hehehe capek ngetik. Intinya sih sama kayak perusahaan yamaha. sebenarnya aku lolos tes disini. cuma ngabarinya entah kenapa gak sesuai janji HRD nya. Jadi udah ketrima di PT ECCO dulu.






And the last is........ PT ECCO TANNERY INDONESIA. Sebuah perusahaan penyamakan kulit. Perusahaan ini adalah perusahaan asing milik BELANDA. (Wah dijajah belanda lagi nih di negara sendiri).   Seluruh produk dari perusahaan ini kebanyakan di ekspor keluar negri, dan sebagian dibuat untuk menyuplai PT ECCO INDONESIA untuk produksi sepatu yang hanya dijual di luar negri. Perusahaan ini terletak di sidoarjo. Pandangan pertama tes di perusahaan ini, lingkungan rapi bersih, jam kerja teratur dan satpam dan pegawai yang ramah dan lingkungan kerja INTERNASIONAL. Aku tertarik.!!!    Lalu kami ber 15 melakukan beberapa tes, pertama tes tulis. Tes tulis disini hanya berupa soal cerita hitung. Dengan waktu yang singkat kita harus bisa menyelesaikan semua soal itu, dan dituntut keakuratan hitungan.  Tes pertama lolos. Tersisa 10 ekor hehehe. Tes selanjutnya interview HRD. dannnn lolos again....!!! Hingga tes user tersisa 7 ekor.  Dari 7 ekor tersebut yang lolos 3 ekor. Hingga medical check up. Dan alhamdulillah aku bisa kerja disini. Dengan sistem kerja yang teratur, lingkungan bersih, aku cukup suka kerja disini. Dan gajiii??? eitsss rahasia :p (sttttt yang pasti diatas UMR) .Walaupun ini bukan perusahaan sebesar PJB, PERTAMINA, PLN, tapi aku cukup bersyukur karena jujur aku punya banyak kekurangan, yaitu buta warna, ambeien, dan pernah operasi tangan. jadi untuk perusahaan sebesar itu aku masih ragu. Tapi perusahaan PT ECCO ini juga cukup besar kug karena memang perusahaan asing dan yang pasti gak jauh dari surabaya. :) .Tapi gak begitu lama saya resign dari perusahaan ini karena alasan tertentu....... dan cerita masih berlanjut....



JADI BUAT KALIAN PARA PENCARI KERJA JANGAN MUDAH MENYERAH. TIPS NYA SAAT INTERVIEW JANGAN SAMPAI KALIAN MEMBOCORKAN KEKURANGAN KALIAN APAPUN ITU. DAN JAWABLAH DENGAN JAWABAN YANG BENAR DAN TIDAK BIASA. AGAR HRD NYA INGAT DAN TERTARIK DENGAN MU. SEMANGAT.



2 komentar: