Pages

Senin, 12 Juni 2017

PEUGEOT 406, JANGAN TAKUT BELI MOBIL EROPA

Sekilas tentang Peugeot. Yap Peugeot adalah sebuah merek mobil asal Perancis, dan merupakan anak usaha dari PSA Peugeot CitroënKendaraan Peugeot sudah lama hadir di Indonesia, dan mulai tahun 1970-an, Peugeot ditangani oleh PT Multi France Motor yang kemudian menjadi divisi dari PT Astra International. Mobil Peugeot yang mencetak sukses di Indonesia adalah Peugeot 505 sedan kelas menengah atas pada tahun 1980-an, serta hatchback kecil Peugeot 206 , dan sedan menengah Peugeot 406 pada tahun 2000-an             

Pertengahan tahun 2017 adalah tahun yang menyenangkan  bagiku. Karena akhirnya aku bisa beli mobil dengan uang hasil kerja kerasku. Yap uang simpananku sejak kuliah, lalu uang hasil dulu rental mobil dan uang kerjaku terkumpul sudah. Entah apa yang kupikirkan semua uang yang terkumpul itu aku habiskan dalam sehari. Berbekal pencarian di olx, aku lihat ada mobil eropa merk peugeot 406 tahun 97. Aku pun langsung berpikir wah murah ni. Keesokan harinya, aku menemui sang penjual untuk melakukan pengecekan terhadap kondisi kendaraan tersebut. Sebenarnya kondisi mesin nya masih baik, hanya ada sedikit masalah di bagian radiator.

               Setelah kubeli langsung kubawa pulang ke rumah Tuban. Kerusakan di radiator tersebut mengharuskan saya untuk membeli part penggantinya. Setelah kutanya di bengkel resmi nya ternyata part part peugeot cukup mahalll.........., kalo dibandingkan part mobil jepang. Dan sampai tiga minggu setelah pembelian mobil tersebut masih mangkrak atau mogok :D di rumah. Sembari nunggu THR turun buat beli sparepart nya hehe.....

               Sebenarnya gak usah takut buat beli mobil eropa, asal kita tahu cara merawwatnya. Karena memang perawatan mobil eropa  berbeda dengan mobil jepang. Tapi itu semua terbayar dengan kenyamanan saat kita menaikinya.




Kebanyakan mobil eropa pasti permasalahanya kebanyakan di temperatur. Why temperatur ??? karena mobil eropa radiator nya di desain untuk wilayah eropa yang cenderung dingin. Tapi di indonesia negara tropis, sehingga perlu sedikit modifikasi di radiator nya.

1. Penggunaan coolant sangat penting pada mobil eropa. Sebaiknya pakai super coolant yang titik didih nya bisa mencapai 130 derajat. (rekomendasi merk prestone)
2. Sebaiknya ganti termostat mobil eropa dengan termostat sejenis dengan suhu yang lebih rendah.
3. Tiap pengisian air radiator jangan lupa melakukan bleeding. Supaya tidak ada udara yang masuk di dalam radiator. 


Brader sekalian bila anda mau nyaman dengan bergaya  Eropa, Peugeot 406 dapat dijadikan alternatif menarik. Mobil ini kekar, berbadan lebar, dan nyaman, membuatnya cuku baik saat beradaptasi dengan kondisi jalan di Tanah Air. Suspensi depan 406 patut disanjung, dengan konstruksi segitiga antara McPherson dan batang anti-tilt  yang berbeda dari mobil-mobil lain sekelasnya. Hasilnya, selain nyaman, konstruksi seperti ini efisien mengurangi distorsi suara dari kebisingan roda.
Tangki bensinnya dilengkapi sistem pengaman yang secara otomatis akan menutup aliran bensin jika mobil terbalik. Khusus varian matik, transmisinya dilengkapi peranti safety,  untuk memberi toleransi jika pengemudi sampai salah masuk gigi dalam keadaan jalan. Sayangnya walau Peugeot 406 memiliki banyak keunggulan, namun masih kurang populer dan depresiasinya cukup tinggi. Sehingga hanya yang mengerti saja yang melirik kehebatan sedan asal Prancis ini.

Yah walaupun harga mobil eropa bekas tergolong murah di Indonesia, setidaknya ini cash hehehe tidak kredit yang katanya riba. Alhamdulillah, disyukuri tiap rejeki yang ada.

Yup itu saja postingan kali ini. Semoga mobil ini bisa awet menemani hari hari ku :).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar