Pages

Sabtu, 14 November 2015

EKSPEDISI GUNUNG SEMERU (RANU KUMBOLO)

Saat itu sedang liburan, karena kebetulan saya dan teman - teman sedang free, maka teman saya si Yanuar mengajak kami untuk pendakian gunung Semeru. Malam itu sebelum berangkat kami semua bersiap siap menyiapkan barang - barang yang akan kami bawa.

hari sabtu pukul 7 pagi kami berangkat dari surabaya. dengan beranggotakan 5 orang, yaitu aku, yanuar, erwin rembang, erwin jogja, dan ardian.

Dari daerah tumpang malang, kami terus saja tanpa istirahat. lalu saat menuju desa ranu pane lah sering kali kami beristirahat karena motor yang overheat dikarenakan jalan yang terlalu menanjak. Banyak para pendaki yang menggunakan jeap untuk menuju ke pos awal di desa ranu pane. sedangkan kami menggunakan motor , ya sudah jelas overheat......   Tapi untungnya bisa sampai di desa ranu pane pos pertama. Saran saya kalaupun ingin naik motor pakailah motor yang cc nya besar, seperti megapro dll, jangan supra fit 110 cc kayak punya temen saya yanuar hahaha, akhirnya overheat. Setelah tiba di ranu pane kamipun memarkir motor di parkiran khusus yang sudah disediakan. pendakian pun dimulai....

Poto diatas adalah foto sebelum pendakian yaitu di mushola desa ranu pane. Setelah melakukan sholat duhur kami menuju pos pertama yang dekat dengan mushola. Di pos pertama ini wajib registrasi dan wajib membawa sleping bed , dikarenakan suhu semeru lumayan ekstrim. pernah tercatat sampai -8 derajat celcius. dingin bangeeeeet. Kalopun tidak membawa sleping bed kita bisa menyewa seharga 20 ribu.

Jalan dari pos pertama ke pos kedua cukup mudah karena lumayan datar. yang tersusah adalah dari pos ke 3 sampai ke 4, karena hampir semuanya tanjakan. Saran saya sebaiknya 2 atau 3 hari sebelum sebelum naik gunung, berolahragalah dahulu seperti lari lari supaya nantinya kaki anda tidak kaget dan keram saat mendaki.

Dan akhirnya lelah, dan perjuangan kami pun terbayarkan dengan melihat keindahan alam yang dibuat oleh ALLAH. sungguh indah, dengan udara yang segar, semakin membuatku tak ingin beranjak pergi dari tempat itu. Sangat disayangkan banyak tangan tangan jahil yang tidak bertanggung jawab dengan merusak alam untuk kepentingan pribadi.

poto diatas adalah pemandangan danau ranu kumbolo dari atas. air di danau ini tidak bole dikotori, baik itu dibuat mandi secara langsung, dikarenakan untuk menjaga kealamianya.

poto diatas adalah pemandangan oro - oro ombo untuk menuju ke puncak semeru. Terlihat luas hanya pepohonan yang rindang. wiiih kerennn

Itu adalah kenangan kami. poto berlima dengan backround danau semeru. Setalah itu kami pun kembali ke kos masing2 dengan selamat. selesai.................