Pages

Senin, 16 November 2015

TRIP TO DANAU SARANGAN



Liburan panjang, saat itu sekitar semester 5 kuliah saya saat sedang liburan dirumah, saya sekeluarga diajak oleh almarhum Pakdhe saya , dan juga budhe untuk berlibur ke sarangan. Sekaligus untuk menjenguk anak pakdhe di pesantren gontor. Kami sekeluarga berangkat dari desa sedayu, desa asal keluarga kami. Berangkat dengan naik mobil pakdhe. Sekitar sore jam 3 an , kami berangkat, dengan riang gembira wkwkwkw (bahasanya :p ) .  Dengan mobil sedan pakdhe memacu mobilnya dengan kencang ngeeeeeeng.  Karena perjalanan ke danau sarangan magetan harus melewati kelokan ngawi yang tajam, maka akupun mual. Ya mau gimana lagi mungkin karena agak gak enak badan. Kendaraan yang fit, rem pakem dan kondisi badan yang fit, serta kemampuan mengemudi sangat diperlukan untuk menaklukkan perjalanan ke Sarangan ini
Sekitar pukul 8 kami sampai di sarangan. Pakdhe pun melihat hotel hotel sekitar untuk kita menginap. Yap dapet dengan harga yang murah kami dapet hotel yang lumayan bagus dengan pemandangan yang indah dari atas hotel. 




Telaga Sarangan, juga dikenal sebagai Telaga Pasir, adalah telaga alami yang berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut dan terletak di lereng Gunung Lawu, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Telaga ini berjarak sekitar 16 kilometer arah barat kota Magetan. Telaga ini luasnya sekitar 30 hektare dan berkedalaman 28 meter. Dengan suhu udara antara 15 hingga 20 derajat Celsius, Telaga Sarangan mampu menarik ratusan ribu pengunjung setiap tahunnya.
Telaga Sarangan adalah obyek wisata andalan Kabupaten Magetan. Di sekeliling telaga terdapat dua hotel berbintang, 43 hotel kelas melati, dan 18 pondok wisata. Di samping puluhan kios cendera mata, pengunjung dapat pula menikmati indahnya Sarangan dengan berkuda mengitari telaga, atau mengendarai kapal cepat. Fasilitas obyek wisata lainnya pun tersedia, misalnya rumah makan, tempat bermain, pasar wisata, tempat parkir, sarana telepon umum, tempat ibadah, dan taman.



Itu poto saat di hotel, terlihat background gunung lawu kalo gak salah si. pemandanganya bagus oi....
Saat malam hari, suhu udara di kawasan wisata Telaga Sarangan, luar biasa dinginnya..!! Kami tidak menduga dan tidak ada persiapan sebelumnya, kalo suhu udara akan menjadi sedingin ini.
 







tugu pesawat tempur lengkap dengan pesawat tempurnya, terletak di pinggir danau sarangan



Telaga Sarangan memiliki luas sekitar 30 hektare dengan udara yang sangat dingin. Tak jarang, objek wisata ini diselimuti kabut tebal yang membuat panorama telaga terasa samar dan kian mistis.
Lokasi objek wisata andalan Magetan ini hanya berjarak 16 kilometer dari arah barat Magetan 


Foto diatas adalah Foto kenangan almarhum pakde saat sedang jalan pagi di danau sarangan.






Untuk naik speed boat berkeliling telaga, tarifnya adalah 50 ribu rupiah untuk waktu sekitar 10 – 15 menit. Sayangnya karena itu kapal kebut sudah nggak muat, maka saya cuma bisa ngliat aja sambil foto-foto.
Kalo sobat ingin berkeliling naik kuda, bisa menyewa dengan harga 50 ribu juga. Rutenya mengitari telaga untuk waktu sekitar 20 – 30 menitan. Lalu sebenarnya ada juga kapal bebek, tapi sepertinya jarang ada yang menyewanya. Mungkin takut ditabrak speed boat kali ya.